Pencinta Motor Trail? Baca Sedikit Ulasan tentang Yamaha Trail WR 150 Ini

Meskipun saat ini perkembangan pasar untuk motor trail tak terlalu signifikan karena kalah pamor dengan motor matic, hal ini tak menyurutkan langkah Yamaha untuk meluncurkan seri trail terbarunya, yaitu WR 150, walaupun masih sebatas wacana saja. Kabar ini mencuat di tahun 2018 lalu, meskipun saat itu belum terlihat wujudnya, tapi spoiler tentang harganya sudah mulai menyebar. Trail Yamaha WR 150 ini akan bersaing dengan Honda CRF 150L dan Kawasaki KLX 150. Dirumorkan, Yamaha WR 150 dibanderol dengan harga Rp40 jutaan. Wah, relatif tinggi juga, ya?

Ada kemungkinan basis mesin yang digunakan mencomot dari mesin Yamaha Vixion, mesin SOHC, 1 silinder, dan 4 katup yang diklaim sudah mumpuni yang digunakan pada Yamaha R15 dan MX-King. Langkah mengambil mesin dari Vixion ini bisa jadi dapat mereduksi biaya produksi. Dengan mengaplikasikan satu platform engine, maka akan membuat harga dari tipe WR150 ini bisa affordable. Dari sisi engine, mesin yang digunakan Yamaha Trail WR 150 ini bisa dibilang palling superior. Di saat tipe lain masih mengandalkan mesin SOHC 2 katup, Yamaha WR 150 sudah menggunakan 4 katup.

Dengan menggunakan mesin yang sama dengan punya Vixion, Yamaha tidak perlu lagi melakukan riset baru yang tentunya membutuhkan biaya yang banyak. Harapannya sih, motor ini bisa dijual dengan harga yang bisa bersaing dengan kompetitornya. Bisa jadi, kemunginan basis desain dari motor Yamaha WR 150 ini akan mirip seperti seri sebelumnya yang telah dirilis, yaitu Yamaha WR 125.

Kalau memang benar akan menggunakan mesin Vixion, berarti untuk trai di kelasnya bakalan Kawasaki KLX saja yang masih menggunakan mesin karburator. Pasalnya, Honda CRF150L sudah memakai mesin Fuel Injection air cooled. Dan seperti yang telah diketahui, mesin Yamaha Vixion juga telah menerapkan mesin FI, tapi sudah dengan radiator (liquid cooled), seperti seri sebelumnya, yaitu WR 250R yang sudah lebih dulu dujual dengan mendatangkan secara import CBU.

Baca Juga :  Menambah Nilai Jual dengan Motor RX King Modif Unik

Sebenarnya, saat ini pihak Yamaha masih belum memfokuskan untuk merilis motor trail karena sedang fokus pada Maxi series dan skuter metik. Meskipun begitu, Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Minoru Morimoto mengingatkan bahwa selain skuter metik, Yamaha juga sudah dikenal dengan motor adventure dan trail. Maka dari itu, menurutnya, pada dasarnya Yamaha memang akan membuat trail 150 cc. Namun lebih dari itu, Morimoto nampaknya enggan mengonfirmasi rumor pengembangan Yamaha WR 150, tetapi dia mau mengungkap sedikit strateri Yamaha akan masuk ke segmen tersebut.

Meskipun digadang-gadang akan rilis di akhir tahun 2018, tapi pada kenyataannya hingga sekarang trail Yamaha WR 150 ini belum diluncurkan juga. Kira-kira kapan pihak Yamaha akan merilisnya, ya? Tentunya para pencinta motor trail udah nggak sabar, nih.